Dalam
Permendiknas No. 23/2006 telah dirumuskan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang
harus dicapai peserta didik, melalui proses pembelajaran berbagai mata
pelajaran. Namun, sungguh sangat disesalkan dalam Permendiknas tersebut sama
sekali tidak memuat Standar Kompetensi yang harus dicapai peserta didik melalui
pelayanan Bimbingan dan Konseling. Oleh karena itu, Asosiasi Bimbingan dan
Konseling Indonesia (ABKIN) mengambil inisiatif untuk merumuskan Standar Kompetensi
yang harus dicapai oleh peserta didik, mulai tingkat SD sampai dengan Perguruan
Tinggi, dalam bentuk naskah akademik, untuk dijadikan sebagai bahan
pertimbangan Depdiknas dalam menentukan kebijakan Pelayanan Bimbingan dan
Konseling di Indonesia.
Dalam
konteks pembelajaran Standar Kompetensi ini disebut Standar Kompetensi Lulusan
(SKL), sementara dalam konteks Bimbingan dan Konseling Standar Kompetensi ini
dikenal dengan istilah Standar
Kompetensi Kemandirian (SKK), yang di dalamnya mencakup sepuluh aspek
perkembangan individu (SD dan SLTP) dan sebelas aspek perkembangan individu
(SLTA dan PT). Kesebelas aspek perkembangan tersebut adalah:
1.
Landasan hidup religius.
2.
Landasan perilaku etis.
3.
Kematangan emosi.
4.
Kematangan intelektual.
5.
Kesadaran tanggung jawab social.
6.
Kesadaran gender.
7.
Pengembangan diri.
8.
Perilaku kewirausahaan (kemandirian
perilaku ekonomis).
9.
Wawasan dan kesiapan karier.
10. Kematangan hubungan dengan teman sebaya. dan
11. Kesiapan diri untuk menikah dan berkeluarga.
Masing-masing
aspek perkembangan memiliki tiga dimensi tujuan, yaitu:
1.
Pengenalan/penyadaran (memperoleh
pengetahuan dan pemahaman tentang aspek dan tugas perkembangan [standar
kompetensi] yang harus dikuasai).
2.
Akomodasi (memperoleh pemaknaan dan
internalisasi atas aspek dan tugas perkembangan [standar kompetensi] yang harus
dikuasai). dan
3.
Tindakan (perilaku nyata dalam
kehidupan sehari-hari dari aspek dan tugas perkembangan [standar kompetensi]
yang harus dikuasai).
Aspek
Perkembangan 1 : Landasan Hidup
Religius
1.
Pengenalan : - Mengenal
bentuk-bentuk dan tata cara ibadah sehari-hari.
-
Mengenal tujuan dan arti ibadah.
-
Mempelajari hal ihwal ibadah
-
Mengkaji lebih dalam tentang makna
kehidupan beragama
2.
Akomodasi
: - Tertarik pada kegiatan ibadah sehari-hari.
-
Berminat
mempelajari arti dan tujuan setiap bentuk ibadah.
-
Mengembangkan
pemikiran tentang kehidupan beragama
-
Menghayati
nilai-nilai agama sebagai pedoman dalam berperilaku.
3.
Tindakan
: - Melakukan bentuk ibadah sehari-hari
-
Melakukan
berbagai kegiatan ibadah dengan kemauan sendiri
-
Melaksanakan
ibadah atas keyakinan sendiri disertai sikap toleransi
-
Ikhlas
melaksanakan ajaran agama dalam kehidupan
Asas
perkembangan 2 : Landasan Perilaku Etis
1.
Pengenalan
: -
Mengenal patokan baik- buruk atau benar-salah dalam
berperilaku
-
Mengenal
alasan perlunya menaati aturan/norma berperilaku
-
Mengenal
keragaman sumber norma yang berlaku di masyarakat
-
Menelaah
lebih luas tentang nilai-nilai universal dalam kehidupan manusia
2.
Akomodasi
: -
Menghargai aturanaturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari
-
Memahami
keragaman aturan/ patokan berperilaku dalam konteks budaya
-
Menghargai
keragaman sumber norma sebagai rujukan pengambilan keputusan
-
Menghargai
keyakinan nilai-nilai sendiri dalam keragaman nilai-nilai yang berlaku di
masyarakat
3.
Tindakan
: - Mengikuti aturan-aturan yang berlaku dalam
lingkungannya
-
Bertindak
atas pertimbangan diri terhadap norma yang berlaku
-
Berperilaku
atas dasar keputusan yang mempertimbangkan aspekaspek etis
-
Berperilaku
atas dasar keputusan yang mempertimbangkan aspek-aspek nilai dan berani
menghadapi resiko dari keputusan yang diambil
Asas
Perkembangan 3 : Kematangan Emosi
1.
Pengenalan
: -
Mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain
-
Mengenal
cara-cara mengeksprisikan perasaan secara wajar
-
Mempelajari
cara-cara menghindari konflik dengan orang lain
-
Mengkaji
secara objektif perasaan-perasaan diri dan orang lain
2.
Akomodasi
: -
Memahami perasaan-perasaan sendiri dan orang lain
-
Memahami
keragaman ekspresi perasaan diri dan orang lain
-
Bersikap
toleran terhadap ragam ekspresi perasaan diri sendiri dan orang lain
-
Menyadari
atau mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan konsekuensi atas ekspresi
perasaan
3.
Tindakan
: - Mengekspresikan perasaan secara wajar
-
Mengekspresikan
perasaan atas dasar Pertimbangan kontekstual
-
Mengekspresikan
perasaan dalam cara-cara yang bebas, terbuka dan tidak menimbulkan konflik
-
Mengekspresikan
perasaan dalam cara-cara yang bebas, terbuka dan tidak menimbulkan konflik dan
mampu berfikir positif terhadap kondisi ketidakpuasan
Asas
Perkembangan 4 : Kematangan Intelektual
1.
Pengenalan
: -
Mengenal konseo-konsep dasar ilmu pengetahuan dan
perilaku belajar
-
Mempelajari
cara-cara pengembilan keputusan dan pemecahan masalah
-
Mempelajari
cara-cara pengambilan keputusan dan pemecahan masalah secara objektif
-
Mengembangkan
cara-cara Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah berdasarkan informasi/
data yang akurat
2.
Akomodasi
: -
Menyenangi berbagai aktivitas perilaku belajar
-
Menyadari
adanya resiko dari pengambilan keputusan
-
Menyadari
akan keragaman alternatif keputusan dan konsekuensi yang dihadapinya
-
Menyadari
pentingnya menguji berbagai alternatif keputusan pemechan masalah secara
objektif
3.
Tindakan
: - Melibatkan diri dalam berbagai aktivitas
perilaku belajar
-
Mengambil
keputusan berdasarkan pertimbangan resiko yang mungkin terjadi
-
Mengambil
keputusan dan pemecahan masalah atas dasar informasi/ data secara objektif
-
Mengambil
keputusan dan pemecahan masalah atas dasar informasi/ data secara objektif
serta bermakna bagi dirinya dan orang lain
Asas
Perkembangan 5 : Kesadaran Tanggung Jawab Sosial
1.
Pengenalan
: -
Mengenal hak dan kewajiban diri sendiri dalam lingkungan
kehidupan
sehari-hari
-
Mempelajari
cara-cara memperoleh hak dan memenuhi kewajiban dalam lingkungan kehidupan
sehari-hari
-
Mempelajari
keragaman interaksi social
-
Mengembangkan
pola-pola perilaku social berdasarkan prinsip kesamaan (equality)
2.
Akomodasi
: -
Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam
lingkungan kehidupan sehari-hari
-
Menghargai
nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam kehidupan sehari-hari
-
Menyadari
nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam konteks keragaman interaksi
social
-
Menghayati
nilai-nilai kesamaaan (equality) sebagar dasar berinteraksi dalam kehidupan
masyarakat luas
3.
Tindakan
: - Berinteraksi dengan orang lain dalam
suasana persahabatan
-
Berinteraksi
dengan orang lain atas dasar nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan hidup
-
Berinteraksi
dengan orang lain atas dasar kesamaan (equality)
-
Memelihara
nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam berinteraksi dengan orang lain
Asas
Perkembangan 6 : Kesadaran Gender
1.
Pengenalan
: -
Mengenal diri sebagai laki-laki atau perempuan
-
Mengenal
peran-peran social sebagai laki-laki atau perempuan
-
Mempelajari
perilaku kolaborasi antar jenis kelamin dalam ragam kehidupan
-
Memperkaya
perilaku kolaborasi antar jenis kelamin dalam ragam kehidupan
2.
Akomodasi
: -
Menerima atau menghargai diri sebagai laki-laki atau
Perempuan
-
Menghargai
peranan diri dan orang lain sebagai laki-laki atau perempuan dalam kehidupan
seharihari
-
Menghargai
keragaman peran laki-laki atau permpuan sebagai asset kolaborasi dan
keharmonisan hidup
-
Menjunjung
tinggi nilai-nilai kodrati laki-laki atau perempuan sebagai dasar dalam
kehidupan sosial
3.
Tindakan
: - Berperilaku sesuai dengan peran sebagai
laki-laki atau
Perempuan
-
Berinteraksi
dengan lain jenis kelamin secara kolaboratif dalam memerankan peran jenis
kelamin
-
Berkolaborasi
secara harmonis dengan lain jenis kelamin dalam keragaman peran
-
Memelihara
aktualisasi nilai-nilai kodrati gender dalam kehidupan sosial
Asas
Perkembangan 7 : Pengembangan Pribadi
1.
Pengenalan
: -
Mengenal keberadaan diri dalam lingkungan dekatnya
-
Mengenal
kemampuan dan keinginan diri
-
Mempelajari
keunikan diri dalam konteks kehidupan social
-
Mempelajari
berbagai peluang pengembangan diri
2.
Akomodasi
: -
Menerima keadaan diri sebagai bagian dari lingkungan
-
Menerima
keadaan diri secara positif
-
Menerima
keunikan diri dengan segala kelebihan dan kekurangannya
-
Meyakini
keunikan diri sebagai asset yang harus dikembangkan secara harmonis dalam
kehidupan
3.
Tindakan
: - Menampilkan perilaku sesuai dengan
keberadaan diri dalam
lingkungannya
-
Menampilkan
perilaku yang merefleksikan keragaman diri dalam lingkungannya
-
Menampilkan
keunikan diri secara harmonis dalam keragaman
-
Mengembangkan
asset diri secara harmonis dalam kehidupan
Asa
Perkembangan 8 : Perilaku Kewirausahaan
1.
Pengenalan
: -
Mengenal perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh dan
kompetitif
dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan dekatnya
-
Mengenal
nilai perilaku hemat, ulet, sungguhsungguh dan kompetitif dalam kehidupan
sehari-hari di lingkungan dekatnya
-
Mempelejari
strategi dan peluang untuk berperilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh dan
kompetitif dalam keragaman kehidupan
-
Memperkaya
strategi dan mencari peluang dalam tantangan kehidupan
2.
Akomodasi
: -
Memahami perilaku hemat, ulet, sungguhsungguh dan
kompetitif
dalam kehidupan seharihari di lingkungan dekatnya
-
Mennyadari
manfaat nilai perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh dan kompetitif dalam
kehidupan sehari-hari
-
Menerima
nilai-nilai hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh dan kompetitif sebagai asset
untuk mencapai hidup mandiri
-
Meyakini
nilai-nilai hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh dan kompetitif sebagai asset
untuk mencapai hidup mandiri dalam keragaman dan saling ketergantungan
3.
Tindakan
: - Menampilkan perilaku hemat, ulet, sungguhsungguh dan kompetitif
dalam kehidupan seharihari di
lingkungannya
-
Membiasakan
nilai perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh dan kompetitif dalam kehidupan
sehari-hari
-
Menampilkan
hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh dan kompetitif atas dasar kesadaran sendiri
-
Memelihara
perilaku kemandirian dalam keragaman dan saling ketergantungan kehidupan
Asas
Perkembangan 9 : Wawasan dan kesiapan karir
1.
Pengenalan
: -
Mengenal ragam pekerjaan dan aktivitas orang dalam
lingkungan kehidupan
-
Mengekspresikan
ragam pekerjaan, pendidikan dan aktivitas dalam kaitan dengan kemampuan diri
-
Mempelajari
kemampuan diri, peluang dan ragam pekerjaan, pendidikan dan aktivitas yang
terfokus pada pengembangan alternative karir yang lebih terarah
-
Memperkaya
informasi yang terkait dengan perencanaan dan pilihan karir
2.
Akomodasi
; -
Menghargai ragam pekerjaan dan aktivitas orang sebagai hal
yang saling bergantung
-
Menyadari
keragaman nilai dan persyaratan dan aktivitas yang menuntut pemenuhan kemampuan
tertentu
-
Internalisasi
nilai-nilai yang melandasi pertimbangan pemilihan alternative karir
-
Meyakini
nilai-nila yang terkandung dalam pilihan karir sebagai landasan pengembangan
karir
3.
Tindakan
: - Mengeekspresikan ragam pekerjaan dan
aktivitas orang dalam
lingkungan kehidupan
-
Mengidentifikasi
ragam alternative pekerjaan, pendidikan, dan aktivitas yang mengandung
relevansi dengan kemampuan diri
-
Mengembangkan
alternative perencanaan karir dengan mempertimbangkan kemampuan, peluang dan
ragam karir
-
Mengembangkan
dan memelihara penguasaan perilaku, nilai dan kompetensi yang mendukung pilihan
karir
Asas
Perkembangan 10 : Kematangan Hubungan dengan Teman Sebaya
1.
Pengenalan
: -
Mengenal norma-norma dalam berinteraksi dengan teman
sebaya
-
Mempelajari
normanorma pergaulan dengan teman sebaya yang beragam latar belakangnya
-
Mempelajari
cara-cara membina kerja sama dan toleransi dalam pergaulan dengan teman sebaya
-
Mengembangkan
strategi pergaulan yang lebih intensif sebagai upaya untuk menjalin
persahabatan yang harmonis
2.
Akomodasi
: -
Menghargai normanorma yang dijunjung tinggi dalam menjalin
persahabatan
dengan teman sebaya
-
Menyadari
keragaman latar belakang teman sebaya yang mendasari pergaulan
-
Menghargai
nilai-nilai kerja sama dan toleransi sebagai dasar untuk menjalin persahabatan
dengan teman sebaya
-
Meyakini
nilai-nilai yang terkandung dalam persahabatan dengan teman sebaya
3.
Tindakan
: - Menjalin persahabatan dengan teman sebaya atas
dasar norma
yang
dijunjung tinggi bersama
-
Berkerja
sama dengan teman sebaya yang beragam latar
Belakangnya
-
Mempererat
jalinan persahabatan yang lebih akrab dengan
memperhatikan
norma yang berlaku
-
Mengembangkan
dan memelihara nilai-nilai pergaulan dengan teman sebaya yang lebih luas secara
bertanggung jawab
Aspek
Perkembangan 11 : Persiapan kehidupan berkeluarga dan pernikahan
1.
Tindakan
: - Mengenal norma-norma pernikahan dan
berkeluarga
-
Mengkaji
secara mendalam tentang norma pernikahan dan kehidupan berkeluarga
2.
Akomodasi
: -
Menghargai norma-norma pernikahan dan berkeluarga sebagai
landasan
bagi terciptanya kehidupan masyarakat yang
harmonis
-
Meyakini
nilai-nilai yang terkandung dalam norma pernikahan dan berkeluarga sebagai
upaya untuk menciptakan masyarakat yang bermartabat
3.
Tindakan
: - Mengekspresikan keinginannya untuk
mempelajari lebih
intensif
tentang norma pernikahan dan berkeluarga
-
Memilki
kesiapan untuk menikah atau berkeluarga dengan penuh tanggung jawab
Thank's Infonya Bray .. !!!
BalasHapuswww.bisnistiket.co.id
sama" ...
BalasHapus