Rabu, 08 Mei 2013

Standar Kompetensi Bimbingan dan Konseling



Dalam Permendiknas No. 23/2006 telah dirumuskan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dicapai peserta didik, melalui proses pembelajaran berbagai mata pelajaran. Namun, sungguh sangat disesalkan dalam Permendiknas tersebut sama sekali tidak memuat Standar Kompetensi yang harus dicapai peserta didik melalui pelayanan Bimbingan dan Konseling. Oleh karena itu, Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) mengambil inisiatif untuk merumuskan Standar Kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik, mulai tingkat SD sampai dengan Perguruan Tinggi, dalam bentuk naskah akademik, untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan Depdiknas dalam menentukan kebijakan Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Indonesia.
Dalam konteks pembelajaran Standar Kompetensi ini disebut Standar Kompetensi Lulusan (SKL), sementara dalam konteks Bimbingan dan Konseling Standar Kompetensi ini dikenal dengan istilah Standar Kompetensi Kemandirian (SKK), yang di dalamnya mencakup sepuluh aspek perkembangan individu (SD dan SLTP) dan sebelas aspek perkembangan individu (SLTA dan PT). Kesebelas aspek perkembangan tersebut adalah:
1.      Landasan hidup religius.
2.      Landasan perilaku etis.
3.      Kematangan emosi.
4.      Kematangan intelektual.
5.      Kesadaran tanggung jawab social.
6.      Kesadaran gender.
7.      Pengembangan diri.
8.      Perilaku kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis).
9.      Wawasan dan kesiapan karier.
10.  Kematangan hubungan dengan teman sebaya. dan
11.  Kesiapan diri untuk menikah dan berkeluarga.
Masing-masing aspek perkembangan memiliki tiga dimensi tujuan, yaitu:
1.      Pengenalan/penyadaran (memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang aspek dan tugas perkembangan [standar kompetensi] yang harus dikuasai).
2.      Akomodasi (memperoleh pemaknaan dan internalisasi atas aspek dan tugas perkembangan [standar kompetensi] yang harus dikuasai). dan
3.      Tindakan (perilaku nyata dalam kehidupan sehari-hari dari aspek dan tugas perkembangan [standar kompetensi] yang harus dikuasai).




Aspek Perkembangan 1 : Landasan Hidup Religius
1.    Pengenalan :    -    Mengenal bentuk-bentuk dan tata cara ibadah sehari-hari.
-          Mengenal tujuan dan arti ibadah.
-          Mempelajari hal ihwal ibadah
-          Mengkaji lebih dalam tentang makna kehidupan beragama
2.    Akomodasi :    -    Tertarik pada kegiatan ibadah sehari-hari.
-          Berminat mempelajari arti dan tujuan setiap bentuk ibadah.
-          Mengembangkan pemikiran tentang kehidupan beragama
-          Menghayati nilai-nilai agama sebagai pedoman dalam berperilaku.
3.    Tindakan :       -     Melakukan bentuk ibadah sehari-hari
-          Melakukan berbagai kegiatan ibadah dengan kemauan sendiri
-          Melaksanakan ibadah atas keyakinan sendiri disertai sikap toleransi
-          Ikhlas melaksanakan ajaran agama dalam kehidupan

Asas perkembangan 2 : Landasan Perilaku Etis
1.      Pengenalan :    -    Mengenal patokan baik- buruk atau benar-salah dalam
berperilaku
-          Mengenal alasan perlunya menaati aturan/norma berperilaku
-          Mengenal keragaman sumber norma yang berlaku di masyarakat
-          Menelaah lebih luas tentang nilai-nilai universal dalam kehidupan manusia
2.      Akomodasi :    -    Menghargai aturanaturan yang berlaku dalam kehidupan   
sehari-hari
-          Memahami keragaman aturan/ patokan berperilaku dalam konteks budaya
-          Menghargai keragaman sumber norma sebagai rujukan pengambilan keputusan
-          Menghargai keyakinan nilai-nilai sendiri dalam keragaman nilai-nilai yang berlaku di masyarakat
3.      Tindakan :       -     Mengikuti aturan-aturan yang berlaku dalam lingkungannya
-          Bertindak atas pertimbangan diri terhadap norma yang berlaku
-          Berperilaku atas dasar keputusan yang mempertimbangkan aspekaspek etis
-          Berperilaku atas dasar keputusan yang mempertimbangkan aspek-aspek nilai dan berani menghadapi resiko dari keputusan yang diambil

Asas Perkembangan 3 : Kematangan Emosi
1.      Pengenalan :    -    Mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain
-          Mengenal cara-cara mengeksprisikan perasaan secara wajar
-          Mempelajari cara-cara menghindari konflik dengan orang lain
-          Mengkaji secara objektif perasaan-perasaan diri dan orang lain
2.      Akomodasi :    -    Memahami perasaan-perasaan sendiri dan orang lain
-          Memahami keragaman ekspresi perasaan diri dan orang lain
-          Bersikap toleran terhadap ragam ekspresi perasaan diri sendiri dan orang lain
-          Menyadari atau mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan konsekuensi atas ekspresi perasaan
3.      Tindakan :       -     Mengekspresikan perasaan secara wajar
-          Mengekspresikan perasaan atas dasar Pertimbangan kontekstual
-          Mengekspresikan perasaan dalam cara-cara yang bebas, terbuka dan tidak menimbulkan konflik
-          Mengekspresikan perasaan dalam cara-cara yang bebas, terbuka dan tidak menimbulkan konflik dan mampu berfikir positif terhadap kondisi ketidakpuasan

Asas Perkembangan 4 : Kematangan Intelektual
1.      Pengenalan :    -    Mengenal konseo-konsep dasar ilmu pengetahuan dan
perilaku belajar
-          Mempelajari cara-cara pengembilan keputusan dan pemecahan masalah
-          Mempelajari cara-cara pengambilan keputusan dan pemecahan masalah secara objektif
-          Mengembangkan cara-cara Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah berdasarkan informasi/ data yang akurat
2.      Akomodasi :    -    Menyenangi berbagai aktivitas perilaku belajar
-          Menyadari adanya resiko dari pengambilan keputusan
-          Menyadari akan keragaman alternatif keputusan dan konsekuensi yang dihadapinya
-          Menyadari pentingnya menguji berbagai alternatif keputusan pemechan masalah secara objektif
3.      Tindakan :       -    Melibatkan diri dalam berbagai aktivitas perilaku belajar
-          Mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan resiko yang mungkin terjadi
-          Mengambil keputusan dan pemecahan masalah atas dasar informasi/ data secara objektif
-          Mengambil keputusan dan pemecahan masalah atas dasar informasi/ data secara objektif serta bermakna bagi dirinya dan orang lain

Asas Perkembangan 5 : Kesadaran Tanggung Jawab Sosial
1.      Pengenalan :    -    Mengenal hak dan kewajiban diri sendiri dalam lingkungan
kehidupan sehari-hari
-          Mempelajari cara-cara memperoleh hak dan memenuhi kewajiban dalam lingkungan kehidupan sehari-hari
-          Mempelajari keragaman interaksi social
-          Mengembangkan pola-pola perilaku social berdasarkan prinsip kesamaan (equality)
2.      Akomodasi :    -    Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam
lingkungan kehidupan sehari-hari
-          Menghargai nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam kehidupan sehari-hari
-          Menyadari nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam konteks keragaman interaksi social
-          Menghayati nilai-nilai kesamaaan (equality) sebagar dasar berinteraksi dalam kehidupan masyarakat luas
3.      Tindakan :       -    Berinteraksi dengan orang lain dalam suasana persahabatan
-          Berinteraksi dengan orang lain atas dasar nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan hidup
-          Berinteraksi dengan orang lain atas dasar kesamaan (equality)
-          Memelihara nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam berinteraksi dengan orang lain

Asas Perkembangan  6 : Kesadaran Gender
1.      Pengenalan :    -    Mengenal diri sebagai laki-laki atau perempuan
-          Mengenal peran-peran social sebagai laki-laki atau perempuan
-          Mempelajari perilaku kolaborasi antar jenis kelamin dalam ragam kehidupan
-          Memperkaya perilaku kolaborasi antar jenis kelamin dalam ragam kehidupan
2.      Akomodasi :    -    Menerima atau menghargai diri sebagai laki-laki atau
Perempuan
-          Menghargai peranan diri dan orang lain sebagai laki-laki atau perempuan dalam kehidupan seharihari
-          Menghargai keragaman peran laki-laki atau permpuan sebagai asset kolaborasi dan keharmonisan hidup
-          Menjunjung tinggi nilai-nilai kodrati laki-laki atau perempuan sebagai dasar dalam kehidupan sosial
3.      Tindakan :       -    Berperilaku sesuai dengan peran sebagai laki-laki atau
Perempuan
-          Berinteraksi dengan lain jenis kelamin secara kolaboratif dalam memerankan peran jenis kelamin
-          Berkolaborasi secara harmonis dengan lain jenis kelamin dalam keragaman peran
-          Memelihara aktualisasi nilai-nilai kodrati gender dalam kehidupan sosial

Asas Perkembangan 7 : Pengembangan Pribadi
1.      Pengenalan :    -    Mengenal keberadaan diri dalam lingkungan dekatnya
-          Mengenal kemampuan dan keinginan diri
-          Mempelajari keunikan diri dalam konteks kehidupan social
-          Mempelajari berbagai peluang pengembangan diri
2.      Akomodasi :    -    Menerima keadaan diri sebagai bagian dari lingkungan
-          Menerima keadaan diri secara positif
-          Menerima keunikan diri dengan segala kelebihan dan kekurangannya
-          Meyakini keunikan diri sebagai asset yang harus dikembangkan secara harmonis dalam kehidupan
3.      Tindakan :       -     Menampilkan perilaku sesuai dengan keberadaan diri dalam
lingkungannya
-          Menampilkan perilaku yang merefleksikan keragaman diri dalam lingkungannya
-          Menampilkan keunikan diri secara harmonis dalam keragaman
-          Mengembangkan asset diri secara harmonis dalam kehidupan

Asa Perkembangan 8 : Perilaku Kewirausahaan
1.      Pengenalan :    -    Mengenal perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh dan
kompetitif dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan dekatnya
-          Mengenal nilai perilaku hemat, ulet, sungguhsungguh dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan dekatnya
-          Mempelejari strategi dan peluang untuk berperilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh dan kompetitif dalam keragaman kehidupan
-          Memperkaya strategi dan mencari peluang dalam tantangan kehidupan
2.      Akomodasi :    -    Memahami perilaku hemat, ulet, sungguhsungguh dan
kompetitif dalam kehidupan seharihari di lingkungan dekatnya
-          Mennyadari manfaat nilai perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari
-          Menerima nilai-nilai hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh dan kompetitif sebagai asset untuk mencapai hidup mandiri
-          Meyakini nilai-nilai hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh dan kompetitif sebagai asset untuk mencapai hidup mandiri dalam keragaman dan saling ketergantungan
3.       Tindakan :       -    Menampilkan perilaku hemat, ulet, sungguhsungguh dan kompetitif
dalam kehidupan seharihari di lingkungannya
-          Membiasakan nilai perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari
-          Menampilkan hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh dan kompetitif atas dasar kesadaran sendiri
-          Memelihara perilaku kemandirian dalam keragaman dan saling ketergantungan kehidupan

Asas Perkembangan 9 : Wawasan dan kesiapan karir
1.      Pengenalan :    -     Mengenal ragam pekerjaan dan aktivitas orang dalam
lingkungan kehidupan
-          Mengekspresikan ragam pekerjaan, pendidikan dan aktivitas dalam kaitan dengan kemampuan diri
-          Mempelajari kemampuan diri, peluang dan ragam pekerjaan, pendidikan dan aktivitas yang terfokus pada pengembangan alternative karir yang lebih terarah
-          Memperkaya informasi yang terkait dengan perencanaan dan pilihan karir
2.      Akomodasi ;    -    Menghargai ragam pekerjaan dan aktivitas orang sebagai hal
yang saling bergantung
-          Menyadari keragaman nilai dan persyaratan dan aktivitas yang menuntut pemenuhan kemampuan tertentu
-          Internalisasi nilai-nilai yang melandasi pertimbangan pemilihan alternative karir
-          Meyakini nilai-nila yang terkandung dalam pilihan karir sebagai landasan pengembangan karir
3.      Tindakan :      -    Mengeekspresikan ragam pekerjaan dan aktivitas orang dalam
lingkungan kehidupan
-          Mengidentifikasi ragam alternative pekerjaan, pendidikan, dan aktivitas yang mengandung relevansi dengan kemampuan diri
-          Mengembangkan alternative perencanaan karir dengan mempertimbangkan kemampuan, peluang dan ragam karir
-          Mengembangkan dan memelihara penguasaan perilaku, nilai dan kompetensi yang mendukung pilihan karir

Asas Perkembangan 10 : Kematangan Hubungan dengan Teman Sebaya
1.      Pengenalan :    -    Mengenal norma-norma dalam berinteraksi dengan teman
sebaya
-          Mempelajari normanorma pergaulan dengan teman sebaya yang beragam latar belakangnya
-          Mempelajari cara-cara membina kerja sama dan toleransi dalam pergaulan dengan teman sebaya
-          Mengembangkan strategi pergaulan yang lebih intensif sebagai upaya untuk menjalin persahabatan yang harmonis
2.      Akomodasi :    -    Menghargai normanorma yang dijunjung tinggi dalam menjalin
persahabatan dengan teman sebaya
-          Menyadari keragaman latar belakang teman sebaya yang mendasari pergaulan
-          Menghargai nilai-nilai kerja sama dan toleransi sebagai dasar untuk menjalin persahabatan dengan teman sebaya
-          Meyakini nilai-nilai yang terkandung dalam persahabatan dengan teman sebaya
3.      Tindakan :       -     Menjalin persahabatan dengan teman sebaya atas dasar norma
yang dijunjung tinggi bersama
-          Berkerja sama dengan teman sebaya yang beragam latar
Belakangnya
-          Mempererat jalinan persahabatan yang lebih akrab dengan
memperhatikan norma yang berlaku
-          Mengembangkan dan memelihara nilai-nilai pergaulan dengan teman sebaya yang lebih luas secara bertanggung jawab
Aspek Perkembangan 11 : Persiapan kehidupan berkeluarga dan pernikahan
1.      Tindakan :       -    Mengenal norma-norma pernikahan dan berkeluarga
-          Mengkaji secara mendalam tentang norma pernikahan dan kehidupan berkeluarga
2.      Akomodasi :    -    Menghargai norma-norma pernikahan dan berkeluarga sebagai
landasan bagi terciptanya kehidupan masyarakat yang
harmonis
-          Meyakini nilai-nilai yang terkandung dalam norma pernikahan dan berkeluarga sebagai upaya untuk menciptakan masyarakat yang bermartabat
3.      Tindakan :       -     Mengekspresikan keinginannya untuk mempelajari lebih
intensif tentang norma pernikahan dan berkeluarga
-          Memilki kesiapan untuk menikah atau berkeluarga dengan penuh tanggung jawab

2 komentar:

komentt yoo..