Rabu, 08 Mei 2013

FOKUS PERKEMBANGAN PELAYANAN DASAR



1.      self  esteem (penghargaan diri)
Contoh            :
a)      Pendidikan      : pendidikan mengajarkan bagaimana cara menghargai orang dan menghargai diri sendiri.
b)      Pekerjaan         : pekerjaan yang kita lakukan harus dengan percaya diri maka dari itumenghargai apa yang dilakukan diri sendiri patut untuk dihargai.
c)      Sosial budaya  : sosial mengajarkan diri  untuk menjadikan diri lebih baik dan percaya diri.
2.      Motivasi berprestasi
Contoh            :
a)      Pendidikan      : di dunia pendidikan kita pasti mendapatkan motivasi-motivasi yang sangat pentig untuk menunjang prestasi kita.
b)      Pekerjaan         : pekerjaan mengajarkan banyak untuk memotivasi diri dengan pengalaman yang kita dapatkan saat menempuhnya, dan motivasi itulah yang nantinya kita aplikasikan untuk mencapai prestasi yang kita inginkan.
c)      Sosial budaya : motivasi-motivasi yang banyak diberikan dengan lingkungan sekitar kita juga dapat menunjang prestasi.
3.      Keterampilan mengambil keputusan
Contoh            :
a)      Pendidikan      : mengambil keputusan dengan bijak adalah salah satu bagian pengajaran dari pendidikan.
b)      Pekerjaan         : mengambil keputusan yang terampil sangat diperlukan dalam melakukan pekerjaan karena jika tidak bijak pekerjaan yang dilakukan akan sangat fatal hasilnya.
c)      Sosial budaya  : musyawarah adalah hal yang penting untuk mencapai keputusan bersama, dari itu kita dapat belajar bagaimana cara bijak yang baik untuk mengambil keputusan.
4.      Keterampilan pemecahan masalah.
Contoh            :
a)      Pendidikan      : melihat dari penyebab masalah yang terjadi dengan logika berunsur pada pembelajaran diri seseorang hingga pemecahan masalahnya dapat menjadi suatu yang berkarakter.
b)      Pekerjaan         : dalam pemecahan masalah seperti pada suatu perusahaan mengalami kebangkrutan, seorang pemimpin harus mampu memecahkan masalhnya dengan melihat pengeluaran serta tenaga kerja y ang tersedia.
c)      Sosial budaya : dalam masyarakat bila ada perkelahian antar warga mampu menyelesaikannya dengan cara bermusyawarah dengan ketua .
5.      Keterampilan hubungan antar pribadi atau berkomunikasi.
Contoh            : 
a)      Pendidikan      : seorang mahasiswa, harus mampu berkomunikasi dengan dosen, mampu bertanya dan mengemukakan pendapat.
b)      Pekerjaan         : sebagai karyawan baru dalam melamar pekerjaan mampu menjalankan interview dengan komunikasi yang baik dan dengan tutur bahasa yang sopan dann santun.
c)      Sosial budaya : hidup dalam bermasyarakat, seperti berbicara dengan tetangga seperti menanyakan keadaan dan kondisinya.

6.      penyadaran keragaman budaya
Contoh            :
b)   pekerjaan : dalam pemilihan pimpinan, tidak menilai berasal dari suku atau ras apa pun. Tapi yang di pilih adalah pimpinan yang mampu merangkul karyawannya, walau dengan suku yang berbeda-beda. Seperti kata pepatah bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.
c)     sosial : Manusia dalam kehidupannya, baik secara individu maupun kelompok tidak bisa dilepaskan dari lingkungan sekitar di mana ia hidup. Berbagai budaya menyatu dalam masyarakat, dengan rasa saling toleransi dan menghargai satu sama lain. Terwujudnya persaudaraan tanpa memandang suku dan ras atau etnis.

7.      perilaku bertanggung jawab
contoh             :
a)      pendidikan : seorang siswa, harus bertanggung jawab, dalam hal mengerjakan tugas, turun sekolah tanpa terlambat. Dan mengikuti semua tata tertib sekolah
b)       pekerjaan : seorang karyawan, harus bisa mengikuti semua aturan yang ada di kantor. Mampu, menjalankan dengan baik sesuai dengan kompetensi yang di miliki dan profesional dalam bekerja
c)      sosial : tanggung jawab ketua rt dan rw untuk membuat keputusan-keputusan yang melindungi, meningkatkan  kesejahteraan, dan kemakmuran stakeholder dan seluruh masyarakat


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komentt yoo..