Kamis, 25 April 2013

Kiat BERBAKTI pada Orangtua


    Begitu besar pengorbanan orangtua terhadap anak  anaknya hingga rela mengorbankan nyawa                                 demi anak tercinta. Laksana utang yang tak dapat terbayar, bagaimana anak mampu membalasnya?

Berikut beberapa kiat berbakti pada orang tua :
1 . Menjaga lisan, bertutur kata yang mulia. Seorang anak hendaknya berlaku baik, lembut, sopan, dan tidak berbicara dengan suara keras kepada orangtua. Berhenti menyakiti hati orangtua hingga tidak ada luka tertoreh di hatinya.
2 .Mandiri. Tidak lagi membebani orangtua dengan harapannya yang belum tercapai. Membuktikan bahwa kita sudah dapat berpijak di atas kaki sendiri, merupakan salah satu hal yang membuatnya tenang.
3.Komunikasi. Terlihat sepele tapi sangat berarti. Orangtua, terutama yang telah lanjut usia sangat membutuhkan komunikasi yang baik dengan keluarganya.
4.Bersabar. Daya pikir dan daya ingat yang menurun membuat orangtua kerap mengulang pertanyaan. Bicaralah dengan halus dan sabar jika menghadapi tipe orangtua seperti ini.
5. Wujudkan keinginannya. Orangtua akan merasa terbebani jika anaknya yang sudah dewasa belum menikah, terlebih lagi masih bergantung pada orangtua. Penuhi keinginan orangtua saat kita masih memiliki waktu bersamanya.
6. Interaksi intensif. Pada umumnya orangtua lansia tidak membutuhkan materi berlebih, melainkan perhatian dan perawatan kesehatannya. Untuk membantu daya fungsi fisik dan psikologisnya dibutuhkan interaksi yang intensif antara orangtua-anak. Misal, mengajaknya jalan¬jalan sambil berbagi cerita atau mengantarnya berkumpul dengan teman seusianya.
7.Memuliakan. Kita wajib memuliakan orangtua karena kewajiban berbakti akan tetap ada sampai akhir usia kita.
8. Patuhi. Patuh terhadap orangtua adalah pintu menuju keberkahan. Perlu diingat, ridha Allah swt adalah ridha orangtua. Langan sampai kita terjerumus dosa akibat keputusan yang tidak diridhai orangtua.
Kesibukan bukanlah hal yang dapat dihindari. Namun demikian perhatian terhadap orangtua harus tetap dijaga. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk tetap memenuhi kebutuhan kasih sayang kepada orangtua di sela kesibukan kita. Di antaranya:
1-      Sisihkan waktu. Anak harus paham lansia tidak akan merengek saat minta diperhatikan. Sesibuk apa pun kita wajib menyisihkan waktu untuk mereka atau mengajak  berwisata di akhir pekan untuk menghibur orangtua.
2-       Mengajak berbincang. Umumnya orangtua senang apabila me¬miliki teman bicara. Sekadar berbincang santai akan membuat orangtua merasa dihargai keberadaannya.
3-      Perhatian ekstra. Pada dasarnya setiap orang senang diberi perhatian. Menjadwalkan menelepon orangtua saat istirahat siang dapat menyenangkan hati mereka.

Sumber Majalah Ummi no.8/XXIII/Desember 2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komentt yoo..