Sabtu, 13 April 2013

Unikonta


Unikonta adalah grup taksonomi yang diajukan oleh Thomas Cavalier-Smith, meliputi sel eukariotik dengan flagellum tunggal, atau amoebae tanpa flagella. Yang termasuk unikonta adalah opisthokonta (binatang, jamur, dan kerabatnya) and Amoebozoa. Unikonta berlawanan dengan grup eukariotik lain yaitu bikonta, yang mana mempunyai dua flagella (walaupun ada banyak pengecualian). Bikonta sendiri meliputi  Archaeplastida (tumbuhan dan kerabatnya), Excavata, Rhizaria, and Chromalveolata.
Catatan:
Flagellum (jamak: flagella) adalah tonjolan seperti ekor yang keluar dari sel tubuh pada sel dari prokariotik dan eukariotiktertentu, dan berfungsi dalam pergerakan.
Amoebozoa adalah grup utama dari protozoa amoeboid(organisme 1 sel yang mempunyai bentuk tak tentu (irregular shape), termasuk sebagian besar yang bergerak melaui aliran sitoplasma internal (Sitoplasma/cytoplasm adalah cairan kental yang ada diantara membran sel, menahan semua organelle, kecualinucleus).
Excavata adalah kingdom utama dari eukariota uniselular, meliputi berbagai bentuk bebas dan simbiotik, dan juga termasuk beberapa parasit penting pada manusia.
Rhizaria adalah supergrup dari eukariota uniselular, mempunyai bentuk yang bermacam-macam, meliputi berbagai amuba, flagelata, amuboid.
Chromalveolata adalah  supergrup eukariota untuk merepresentasikan hasil dari endosimbiosis sekunder tunggal antara  bikonta dan ganggang merah (endosymbion adalah organisme yang hidup di dalam badan atau sel organisme lain).

Para Amoebozoa adalah kelompok utama dari amoeboid protozoa, termasuk mayoritas yang bergerak dengan cara internalsitoplasma aliran. Mereka pseudopodia memiliki karakteristik tumpul dan jari-seperti, disebut lobopodia. Sebagian besar uniseluler, dan yang umum di tanah dan habitat air, dengan beberapa ditemukan sebagai symbiotes dari organisme lain, termasuk beberapa patogen . Para Amoebozoa juga termasuk jamur lendir , multinukleat atau bentuk multiseluler yang menghasilkan spora dan biasanya terlihat dengan mata telanjang. Amoebozoa sangat bervariasi dalam ukuran. Banyak hanya 10-20 pM dalam ukuran, tetapi mereka juga mencakup banyak protozoa yang lebih besar. Spesies terkenal Amoeba proteus dapat mencapai 800 m panjang, dan sebagian pada rekening ukurannya sering dipelajari sebagai wakil sel . Multinukleat amuba seperti Chaos dan Pelomyxa mungkin beberapa milimeter panjangnya, dan beberapa jamur lendir menutupi beberapa meter persegi.
Ø  Morfologi
Sel ini biasanya dibagi menjadi butiran massa pusat, yang disebut endoplasm , dan lapisan luar yang jelas, disebut ektoplasma. Selama endoplasm penggerak arus ke depan dan berjalan mundur ektoplasma sepanjang bagian luar sel. Banyak amuba bergerak dengan pasti anterior dan posterior, pada intinya sel berfungsi sebagai pseudopod tunggal. Mereka biasanya menghasilkan proyeksi yang jelas banyak disebut subpseudopodia (atau pseudopodia determinate), yang memiliki panjang didefinisikan dan tidak secara langsung terlibat dalam tenaga. Amoebozoans lain dapat membentuk pseudopodia beberapa tak tentu, yang lebih atau kurang tubular dan sebagian besar diisi dengan endoplasm granular. Massa sel mengalir ke pseudopod terkemuka, dan yang lainnya akhirnya menarik kembali kecuali perubahan arah. Subpseudopodia biasanya tidak ada. Selain beberapa bentuk sepertiAmoeba telanjang dan Chaos, ini termasuk yang paling amuba yang menghasilkan kerang. Ini mungkin terdiri dari bahan organik, seperti di Arcella , atau partikel dikumpulkan disemen bersama-sama, seperti dalam Difflugia , dengan pembukaan tunggal melalui mana pseudopodia muncul. Modus utama gizi adalah dengan fagositosis : sel mengelilingi partikel-partikel makanan potensial, penyegelan mereka ke vakuola mana dapat dicerna dan diserap. Amuba beberapa memiliki bola disebut uroid posterior, yang dapat berfungsi untuk mengumpulkan limbah, secara berkala memisahkan dari sisa sel. Ketika makanan langka, spesies yang paling dapat terbentuk kista , yang dapat dilakukan aerially dan memperkenalkan mereka dengan lingkungan baru. 








Dalam lendir cetakan, struktur ini disebut spora, dan bentuk pada struktur yang disebut tubuh buah berjalan atau sporangia . Amoebozoa paling kurangnya flagela dan lebih umumnya tidak membentuk mikrotubulus -didukung struktur kecuali pada saat mitosis . Namun, flagela terjadi di antara beberapa archamoebae , dan jamur lendir banyak menghasilkan biflagellate gamet . Flagela umumnya berlabuh oleh kerucut mikrotubulus, menunjukkan hubungan dekat dengan opisthokonts . Para mitokondria khas memiliki percabangan pipa krista , tetapi telah hilang di antara archamoebae.

Klasifikasi
Amuba sulit untuk mengklasifikasikan, dan hubungan dalam filum tetap bingung. Tampaknya (berbasis di proteomes ) bahwa amoebozoa membentuk kelompok saudara untuk hewan dan jamur, divergen dari garis keturunan ini setelah itu memisahkan diri dari kelompok lain, [1] seperti yang diilustrasikan di bawah ini:
kelompok lain
unikonts
Amoebozoa
Opisthokonta
Jamur
Hewan
Kesamaan yang kuat antara Amoebozoa dan Opisthokonts (termasuk hewan dan jamur) mengarah pada usulan bahwa mereka membentuk suatu klade disebut Unikonts.

Ø  Lobose amoebozoa
Secara tradisional semua amuba dengan pseudopods lobose diperlakukan bersama sebagai Lobosea , ditempatkan dengan amoeboids lain dalam filum tersebut Sarcodina atau Rhizopoda , tetapi ini dianggap kelompok wajar. Studi struktural dan genetik mengidentifikasi percolozoans dan beberapa archamoebae sebagai kelompok independen.Dalam filogeni didasarkan pada rRNA wakil mereka terpisah dari amuba lainnya, dan tampaknya menyimpang dekat dasar eukariotik evolusi, seperti yang dilakukan kebanyakan jamur lendir. Namun, pohon direvisi oleh Cavalier-Smith dan Chao pada tahun 1996 menyarankan bahwa lobosans tersisa lakukan membentuk kelompok monofiletik, dan bahwa archamoebae dan Mycetozoa erat berkaitan dengan hal itu, meskipun percolozoans tidak. Selanjutnya mereka emended yang Amoebozoa filum yang lebih tua untuk merujuk ke supergroup.  Studi berdasarkan gen lainnya telah memberikan dukungan yang kuat untuk kesatuan kelompok ini. Patterson diobati kebanyakan dengan pewaris filose amuba sebagai ramicristates,  berdasarkan kesamaan mitokondria, tetapi yang terakhir sekarang dipindahkan ke Cercozoa . Para Lobosa subphylum adalah paraphyletic . Dua kelas utama Lobosa telah diidentifikasi, Tubulinea dan Flabellinea , tetapi yang lain tetap berbagai penempatan tidak menentu.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komentt yoo..