Rabu, 17 April 2013

Pengertian, tujuan, manfaat tes kreativitas



    Tes kreativitas adalah suatu tes yang digunakan untuk mengukur  kemampuan berpikir divergen, dengan membedakan aspek kelancaran, kelenturan, orisionalitas dan kerincian dalam berpikir serta untuk merasakan dan mengamati adanya masalah, membuat dugaan tentang kekurangan (masalah) ini, menilai dan menguji dugaan atau hipotesis, kemudian mengubah dan mengujinya lagi, dan akhirnya menyampaikan hasil-hasilnya.
        Tujuan tes kreativitas adalah untuk penelitian misalnya untuk mengukur  kemampuan berpikir divergen, dengan membedakan aspek kelancaran, kelenturan, orisionalitas dan kerincian dalam berpikir. Dan digunakan pada usia 17 tahun.
      Manfaatnya adalah karena tes ini dapat mengukur tingkat kemampuan berpikir divergen dengan membedakan aspek kelancaran, kelenturan, orisionalitas dan kerincian dalam berpikir setiap orang. Hubungan dengan Pembelajaran dikelas yaitu apabila didalam proses pembelajaran tidak menggunakan tes kreativitas maka setiap guru tidak akan mengetahui tingkat kemampuan berpikir divergen yang dimiliki oleh setiap murid-muridnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komentt yoo..